Senin, 09 Maret 2020

Cover Body RX-King Berbaju Batik Jadi RX-S untuk Contoh Modifikasi


Cover Body RX-King Berbaju Batik Jadi RX-S untuk Contoh Modifikasi - Berawal dari kurangnya edukasi tentang aliran Pure Mothai di motor RX-S, Afrizal berani membangun RX-King menjadi RX-S.

Motor Jambret itu dibelinya di Sumedang untuk di jadikan motor kontes tapi bisa buat harian, aliran yang dipilih Pure Mothai yang berkiblat. Afrizal yang juga owner brand apparel ini berharap ada teman dalam memodifikasi Cover Body RX-King atau RX-S beraliran Pure Mothai ini, dan tidak salah kaprah dalam acuan modifikasinya.

Cover Body RX-King Berbaju Batik Jadi RX-S untuk Contoh Modifikasi

Langkah pertama Afrizal mengubah Cover Body RX King menjadi RX-S, pasalnya di Thailand untuk aliran Mothai, motor yang digunakan biasanya RX-S. Body full set RX-S dipasangkan ke RX King, dengan sedikit penyesuaian di bagian lubang baut saja, bagian tangki dibuat lebih tipis seperti yang ada di Indonesia sekarang ini.

Hanya saja jika Mothai panel sisi ditrondoli, seperti cover aki. Tetapi Mothai milik Afrizal, cover aki tetap terpasang. “Biar tetap rapih dan safety kalau wara-wiri di jalan. Selanjutnya ke bagian segitiga depan menggunakan as berdiameter 26 mm sedangka segitiga tetap mempertahankan aslinya yang berdiameter 30 mm.

Sementara, tromol pakai punya Honda Beat dipadukan tabung sok Honda Sonic 125, hasilnya cakep kan tuh kinyis kinyis gimana gitu,” bangga Afrizal yang memodif motornya di Total Kings dan Ina Speed Shop. Tak ketinggalan untuk membuat tampilan motor semakin main Afrizal tak segan-segan merogoh kocek sampai 15 juta.
Seperti, komponen aksesori mulai dari footstep belakang Aprillia, Sok WP Thailand, gir Daytona, baut dan mur Flower Stainless, boring YP1, jok custom, knalpot custom, head belimbing dan masih banyak yang lainnya.

Namun, yang pasti motor RX-King menjadi RX-S Pure Mothai ini mempunyai slogan menolak punah,” imbuh Afrizal yang mempunyai anak bernama Mikhayla Arsyila Afra yang berusia 1 tahun 7 bulan.

Bagaimana Cover Body RX-King Berbaju Batik Dapat Dijadikan Contoh dalam Modifikasi?
Melihat dari corak batikdi motor mungkin sudah menjadi hal biasa. Tapi bagaimana jika motif khas Indonesia itu dipakaikan ke produk otomotif, seperti sepeda motor? coba lihat motor besutan Andreas ini yang sudah diberi 'baju batik' berwarna kuning  yang menyala.

Motor batik ini adalah Yamaha RX-King produksi tahun 2002. Andreas merupakan pembeli dari tangan pertama. MMenurut Andress, motor ini saya beli baru- baru ini. Sekitar 2 bulan lalu dari tangan pertama. Tapi saya sengaja beli untuk dijual lagi". Sementara motor yamaha RX-King ini ia beli seharga Rp 17 juta. Sepertinya banyak yang telah diganti dalam komponen motor ini, akan tetapi sebagian besar masih standar.

Secara prinsip, motor ini telah dimodif dengan batik yang berwarna kuning cerah. Untuk komponen lain, sebagian besar orisinal pabrikan. Menurut Andreas, motor ini telah dimodif batik dengan teknik yang khusus. Namun, bukan berarti pakai metode airbrush ataupun decal. Akan tetapi, hal ini dimodif menggunakan dengan kain batik yang sengaja ditempel ke bodi motor, lalu dipernis supaya mengkilap," lanjut pria yang juga pemilik diler motor bekas.

Dari pantauan detikOto, motif batik ini hampir melabur ke semua Cover Body RX-King tersebut. Mulai dari sepatbor depan-belakang, cover headlamp, sasis, tangki, engine cover, panel bodi kanan-kiri, bahkan hingga ke bagian joknya. Sementara dari segi teknis, ubahan tidak terlalu banyak.