Selasa, 10 Maret 2020

Suku Bunga Deposito Maksimal, Inilah Tips memilih Deposito Terbaik


Jika dibandingkan dengan tabungan biasa, suku bunga yang dimiliki oleh deposito tentunya sangat menggiurkan. Hal tersebut dikarenakan suku bunga dari deposito sendiri berkisar antara 5-7,5%, sedangkan tabungan biasa hanya memiliki bunga sekitar 1-5% saja. Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin mengikuti jenis investasi yang satu ini.

Selain bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan, deposito ini memiliki resiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi pada umumnya. Oleh sebab itu banyak orang yang mulai melakukan deposito bersama bank yang bisa dipercaya. Berikut ini adalah tips memilih deposito terbaik yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Suku Bunga Deposito Maksimal, Inilah Tips memilih Deposito Terbaik

1. Memilih bank yang punya reputasi baik
Deposito mengharuskan nasabahnya untuk menyimpan sejumlah dana yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh sebab itu untuk menyimpan dana dalam jumlah besar anda harus melakukannya di tempat terpercaya. Jangan sampai anda menyimpan dana di sembarang tempat dan beresiko.

Demi keamanan dana yang anda miliki, pilihlah bank milik pemerintah atau sudah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK. Bank yang memiliki reputasi baik tentunya akan memiliki standar pelayanan yang sama baiknya. Dengan demikian, anda akan merasa lebih nyaman ketika mengikuti program deposito yang akan anda ikuti bersama bank tersebut.

2. Perhatikan ketentuan suku bunga deposito
Setiap bank akan memiliki suku bunga deposito yang berbeda-beda. Deposito yang memiliki jumlah keuntungan yang paling banyak adalah deposito yang memiliki suku bunga terbesar. Meskipun demikian, jangan langsung tergiur dengan suku bunga yang terbilang besar dan bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Anda harus memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu sebelum memutuskan mengikuti deposito.

Bank pada umumnya akan menetapkan sejumlah persyaratan terkait dengan suku bunga maksimal yang ditawarkannya. Contohnya seperti adanya minimal dana yang harus disetorkan atau tenor penempatannya. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat penting, jangan sampai asal mengikuti deposito tanpa mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Perhitungkan jangka waktunya
Prinsip yang dimiliki oleh deposit adalah semakin lama anda menyimpan dana, maka akan semakin banyak nilai bunga deposito yang akan didapatkan dan jumlahnya akan semakin banyak. Namun meskipun demikian bukan berarti kamu harus menempatkan dana deposito yang anda miliki dengan tenor yang panjang.

Anda bisa menyesuaikan tenor deposito yang akan dilakukan dengan rencana keuangan yang sudah anda susun sebelumnya. Yang harus diingat adalah mayoritas bank akan memberikan penalti jika terjadi penarikan dana sebelum waktu jatuh tempo. Tentunya hal ini akan membuat anda mengalami kerugian. Oleh sebab itu pastikan anda memikirkan dan memperhitungkan dengan matang berapa lama jangka waktu yang akan dibutuhkan untuk jenis deposito yang akan anda pilih.